Browse By

Bridge Masuk Asian Games 2018

asean games

Upaya Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) agar bridge bisa masuk menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 di Jakarta akhirnya membuahkan hasil. Olympic Council of Asia (OCA) akhirnya memutuskan bridge masuk cabang tambahan untuk Asian Games XVIII/2018, setelah sebelumnya memasukkan panjat dinding dan paralayang ke dalam cabang yang akan dipertandingkan di event tersebut. Ketiganya merupakan olah raga yang diajukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah (hak prerogratif) yang kemudian disetujui oleh OCA.

Ketua PB GABSI Ekawahyu Kasih di Jakarta, beberapa waktu lalu mengatakan, atlet bridge Indonesia saat ini sudah mempunyai nama besar terutama dikawasan Asia-Pasifik. Bahkan, atlet Indonesia juga sudah mampu menjadi juara dunia.

“Dua emas di Asian Games bisa diraih. Ini akan menambah pundi-pundi emas dan bisa menaikkan peringkat kita. Makanya, kami bersyukur pemerintah bisa mendorong agar bridge dipertandingkan di Asian Games,” katanya.

Atlet bridge Indonesia, kata dia, sudah masuk jajaran lima besar dunia. Kondisi ini menunjukkan jika prestasi atlet Indonesia pantas dibanggakan dan perpeluang menjadi cabang pengumpul medali emas pada kejuaraan empat tahunan itu.

Keyakinan Ketua GABSI ini bukan tanpa alasan. Saat ini atlet Indonesia yaitu pasangan Hengky Lasut-Eddy Manoppo dinobatkan sebagai juara dunia setelah menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Dunia Bridge 14th Red Bull World Bridge Series di Sanya, Hainan, Tiongkok, 15-25 Oktober. Selain itu, Indonesia juga berhasil merebut dua medali perunggu lewat nomor Beregu Putri (Rury Andhani, lusje Olha Bojoh, Suci Amita Dewi, Kristina Wahyu Murniati, Conny Sumampouw, Julita Grace Tueja dan Veterano Sitompul.) lalu lewat nomor pasangan putri ( Suci Amita Dewi dan Kristina Wahyu Murniati)

Disetujuinya cabang olahraga tersebut sebagai cabor Asian Games 2018 menurut Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, dikarenakan OCA melihat adanya pontensi besar raihan medali yang bisa didapat oleh Indonesia dari situ. (dihimpun dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *